Kamis, 19 Februari 2015

Harley-Davidson Street 500 Meluncur dengan Harga Khusus

Jakarta, KompasOtomotif - Mabua Harley-Davidson (MHD) akhirnya memperkenalkan tipe paling terjangkau yang pernah diproduksi, Street 500, di The Space Senayan City, Jakarta Selatan, (3/12/2014). Model ini diharapkan menjadi "penyapu" konsumen berusia muda dengan karakter menyukai tantangan dan petualangan.

Segmentasi market yang muda dikemas dengan konsep "party". Setelah dibuka untuk media, para calon konsumen, khususnya yang berusia muda dipersilakan datang dalam agenda Party in The Street digelar di tempat yang sama, mulai Kamis (4/12/2014) hingga Minggu (7/12/2014).

"Model ini sudah ditunggu-tunggu, karena Street 500 sebagai keluarga baru mempunyai harga yang sangat terjangkau dan kompetitif di segmennya, mesin setipe dengan V-Rod membuatnya sangat layak ditunggu. Model ini akan membuka pasar yang lebih luas," ujar Irvino Edwardly, Direktur Pemasaran MHD.

Dijelaskan, Street 500 akan benar-benar membawa nafas baru, disebut sebagai non-traditional alias bukan seperti model-model yang selama ini dipasarkan. Irvino mengatakan bahwa model ini akan dipasarkan dengan strategi khusus.

"Motor ini bukan untuk Harley traditional owners. Nanti akan banyak aktivasi sesuai segmennya, misal ke kampus, membidik pengendara wanita dan sebagainya," terang Irvino.

India
Sepeda motor ini adalah CBU India, dengan maksud untuk menekan biaya produksi dan membidik segmen baru. Itulah kenapa, harga menjadi cukup mudah dijangkau untuk seukuran Harley-Davidson.

MHD akan memberikan harga perkenalan Rp 214 juta off the roadhingga 7 Desember 2014. Setelah itu, harga akan naik menjadi 219 jutaoff the road.
Read More

Harley-Davidson Street 500 Meluncur dengan Harga Khusus

Jakarta, KompasOtomotif - Mabua Harley-Davidson (MHD) akhirnya memperkenalkan tipe paling terjangkau yang pernah diproduksi, Street 500, di The Space Senayan City, Jakarta Selatan, (3/12/2014). Model ini diharapkan menjadi "penyapu" konsumen berusia muda dengan karakter menyukai tantangan dan petualangan.

Segmentasi market yang muda dikemas dengan konsep "party". Setelah dibuka untuk media, para calon konsumen, khususnya yang berusia muda dipersilakan datang dalam agenda Party in The Street digelar di tempat yang sama, mulai Kamis (4/12/2014) hingga Minggu (7/12/2014).

"Model ini sudah ditunggu-tunggu, karena Street 500 sebagai keluarga baru mempunyai harga yang sangat terjangkau dan kompetitif di segmennya, mesin setipe dengan V-Rod membuatnya sangat layak ditunggu. Model ini akan membuka pasar yang lebih luas," ujar Irvino Edwardly, Direktur Pemasaran MHD.

Dijelaskan, Street 500 akan benar-benar membawa nafas baru, disebut sebagai non-traditional alias bukan seperti model-model yang selama ini dipasarkan. Irvino mengatakan bahwa model ini akan dipasarkan dengan strategi khusus.

"Motor ini bukan untuk Harley traditional owners. Nanti akan banyak aktivasi sesuai segmennya, misal ke kampus, membidik pengendara wanita dan sebagainya," terang Irvino.

India
Sepeda motor ini adalah CBU India, dengan maksud untuk menekan biaya produksi dan membidik segmen baru. Itulah kenapa, harga menjadi cukup mudah dijangkau untuk seukuran Harley-Davidson.

MHD akan memberikan harga perkenalan Rp 214 juta off the roadhingga 7 Desember 2014. Setelah itu, harga akan naik menjadi 219 jutaoff the road.
Read More

Senin, 16 Februari 2015

Wisata di Trek Sirkuit Ditemani Mobil Balap yang Sedang Adu Kebut

Shizuoka, KompasOtomotif- Ada hal unik untuk menyaksikan para pebalap beraksi di lintasan sirkuit yang ditawarkan saat gelaran Nismo Festival di Fuji Speedway, Jepang, Minggu (30/11/2014). Para pengunjung yang memiliki tiket, bisa langsung menyaksikan pebalap favorit mereka beraksi dari jarak yang sangat dekat dan berada di trek secara bersamaan, melalui kegiatan yang disebut Circuit Safari.

Para pengunjung disiapkan bus khusus yang akan ikut masuk ke trek bersama para pebalap. Bus yang digunakan sama seperti model yang biasa dipakai sebagai sarana angkutan umum, dan tidak ada modifikasi khusus. KompasOtomotif sempat merasakan pengalaman tersebut bersama beberapa media dari beberapa negara.

Sebelum berangkat, pemandu menyampaikan beberapa peraturan, seperti tidak diperkenankan berdiri atau pindah lokasi tempat duduk dan tetap menggunakan sabuk keselamatan. Dijelaskan pula, bus akan mengelilingi lintasan 2 lap. Pertama menyusuri sisi trek sebelah kanan lalu pindah ke sisi kiri di lap berikutnya.

Menegangkan
Mengasyikkan memang melihat dari dekat aksi pebalap melakukan manuver dan juga aksi menyusul. Sempat terjadi kondisi menegangkan ketika bus harus berbelok di salah satu tikungan seperti berputar arah dengan lebar trek cukup sempit. Tiba-tiba di saat bersamaan ada 2 unit GT-R GT3 mendekat dan siap berbelok.

Seolah tak mau mengalah, kedua pebalap tersebut tetap melaju menyusul bus di tikungan sempit. Bahkan, pengemudi bus juga tidak berusaha berhenti untuk memberikan jalan pada pebalap yang sedang berjibaku. Alhasil kedua mobil balap tersebut harus sedikit keluar trek dan sedikit slide saat kembali masuk jalur lintasan.

Jarak antara bus sangat sempit, bahkan secara kasat mata dari kabin diprediksi bakal bersinggungan antara bus dan mobil balap. Keahlian para pebalap dan supir bus yang cukup tenang akhirnya aksi terus berlanjut hingga finish tanpa ada kecelakaan.
Read More

Ini Cara Aman Menerjang Banjir

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah membeberkan bagaimana cara benar mengantisipasi aquaplaning, Chevrolet Indonesia masih punya beberapa tips lain untuk pengendara menghadapi musim penghujan. Beberapa kondisi dirasa sangat riskan dan sering terjadi, namun banyak pengendara yang belum memahami benar cara mengatasinya.

Paling sering terjadi adalah menerjang genangan atau banjir. JIka tidak punya cukup pengetahuan, pengendara akan menerjangnya secepat mungkin, kalau bisa ngebut. Tapi justru hal tersebut yang sering berdampak buruk terhadap mobil. Lalu bagaimana cara yang benar menerjang banjir? Berikut tipsnya:

1. Usahakan untuk tidak melintasi jalan yang sudah tergenang air lebih dari setengah ban mobil. Periksa juga sejauh mana kedalaman jalan yang terendam oleh air. Jika memang harus melalui jalan yang tergenang, arahkan kendaraan ke  bagian tertinggi jalan, karena air berada pada titik dangkal di spot tersebut.

2. Gunakan gigi rendah (gigi 1 atau "L" tergantung pada jenis transmisi). Jaga kecepatan konstan. Jangan angkat kaki dari pedal gas. Mesin yang melambat dapat membiarkan air masuk melalui pipa knalpot dan merusak catalytic converter. Anda juga tidak ingin saringan udara depan ditembus oleh air, jadi mengemudilah dengan sangat lambat. Dalam kasus tersebut, kerusakan akan menjadi berat dan membutuhkan perbaikan yang cukup mahal jika air terhisap saringan udara.

3. Masuklah ke dalam genangan dengan kecepatan tidak lebih dari 3 kpj dan tambah menjadi 6 kpj ketika Anda sudah berada di tengah genangan. Ini akan menciptakan gelombang haluan di depan kendaraan dan mengurangi air di sekitar mesin, atau mengurangi kemungkinan induksi air melalui saringan udara, dan juga kerusakan komponen listrik serta elektronik. Kecepatan lebih tinggi dari ini hanya akan mendorong air ke dalam mesin melalui gril depan.

4. Pastikan hanya ada satu kendaraan ketika anda melewati genangan agar Anda tidak harus berhenti jika kendaraan di depan berhenti. Pastikan tidak ada kendaraan yang mengarah ke kendaraan Anda, karena ombak kecil yang ditimbulkan dapat mendorong air masuk ke kendaraan, terutama jika gelombang air bergerak dengan kecepatan kencang.

5. Setelah keluar dari genangan, gunakan rem dengan perlahan untuk mengeringkannya. Injak rem dengan kaki kiri jika Anda sudah familiar dengan teknik ini. Lepas pedal rem ketika Anda merasa rem mulai bekerja.

6. Berhentilah sejenak untuk memeriksa dan memastikan tidak ada sampah seperti kantong plastik atau kotoran lain yang menempel di kisi-kisi radiator atau sirip belakangnya.
Read More