Senin, 18 Agustus 2014

Honda Pangkas Produksi di Inggris

// // Leave a Comment
London, KompasOtomotif - Kondisi pasar mobil Eropa yang masih terpuruk mulai membuat Honda Motor Company gelisah di Inggris. Merek asal Jepang itu memutuskan untuk memangkas aktivitas produksi mobil baru dari tiga menjadi dua shift di pabrik Windon, Inggris.

Keputusan ini diambil setelah Honda memprediksi belum terlihat ada tanda-tanda pemulihan pasar Eropa dalam beberapa tahun ke depan. Pengurangan produksi ini berdampak pada pengurangan pekerja di pabrik. Estimasinya, 340 pekerja akan kehilangan pekerjaan, atau 10 persen dari seluruh jumlah angkatan kerja.

Pemangkasan tersebut membuat total kapasitas produksi tahun ini akan turun menjadi 120.000 unit. Sementara pada 2013 lalu berhasil memproduksi 140.094 unit, meski pencapaiannya tidak lebih baik dari 2012 karena turun 15 persen. Total kapasitas produksi di pabrik sebenarnya mencapai 250.000 unit, tetapi semakin kecil jumlah yang dimanfaatkan.

Honda memulai aktivitas produksi di Inggris sejak 1992, merakit Civic, Civic Tourer, CR-V, dan Jazz. Selain memenuhi pasar domestik Inggris, model ini juga diekspor ke negara Eropa lain.

Turun
Pangsa pasar Honda terus menurun di negara-negara Uni Eropa dan EFTA menjadi tinggal 1 persen dari sebelumnya 1,1 persen. Dua bulan pertama tahun ini, penjualan Honda di kawasan ini anjlok 10 persen menjadi tinggal 18.037 unit.

Ian Howells, Wakil Presiden Senior Honda Motor Europe, mengatakan, pertumbuhan penjualan yang selama ini diharapkan tidak kunjung datang. "Tanpa ada kenaikan dalam dua tahun ke depan, kami harus menghitung ulang aktivitas produksi di pabrik agar sesuai," beber Howells, dilansir Reuters (25/3/2014). 

Dalam jangka panjang, Howells mengaku masih optimis dan masa depan pabrik di Swindon masih panjang. Apalagi, setelah restrukturisasi manajemen dan pengurangan karyawan sampai 800 orang tahun lalu, membuat neraca perusahaan jadi lebih fit. 

0 komentar:

Posting Komentar