Rabu, 27 Agustus 2014

Stok Mobil Baru Masih Menggunung

// // 1 comment
Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan penjualan mobil di pasar nasional semakin ketat. Jumlah stok yang masih menggunung membuat perang diskon dipastikan tetap berlangsung pada kuartal kedua 2014.
 
Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Pemasaran dan Layanan Konsumen PT Astra International Tbk-Daihastu Sales Operation (DSO), menjelaskan, dari segi jumlah penjualan, kuartal kedua tahun ini bisa lebih besar dari tiga bulan pertama 2014. Pemicunya, sudah masuk bulan puasa mulai pertengahan Juni.
 
"Kami berharap, Juni sampai pekan pertama Juli penjualan akan naik, sesuai tren tahunan di Indonesia. Masalahnya, meski dari jumlah unit penjualan naik, tapi margin (keuntungan) akan semakin kecil," beber Hendrayadi, di Jakarta Pusat, Senin (5/5/2014).
 
Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Nasional PT Astra Daihatsu Motor, menambahkan, ada selisih yang cukup besar antara jumlah penjualan wholesale dan ritel. "Kalau ditotal stok di pasar itu bertambah 40.000 unit lagi. Ini harus dijual juga nantinya," imbuh Rio.
 
Level
Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, posisi stok perusahaan tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu. "Tahun ini posisi stok Toyota di level 0,8 sementara tahun lalu berkisar 0,5 bulan," jelas Suparno di Jakarta Selatan, pekan lalu.
 
Sedangkan Hendrayadi, di lain kesempatan menambahkan, posisi stok Daihatsu juga lumayan besar di level 1,0 bulan. Artinya, persaingan masih berlangsung ketat. "Perang diskon tetap akan terjadi," tutup Hendrayadi.

1 komentar: Leave Your Comments